19 November 2011

SEA Games (Umum) - Atlet Jatim Beri Kontribusi 24 Medali Emas

Jakarta (ANTARA) - Atlet-atlet Provinsi Jawa Timur yang berlaga pada sejumlah cabang olahraga SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang telah memberikan kontribusi sekitar 24 medali emas untuk kontingen Indonesia.
Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jatim Irmantara Subagio yang ditemui ANTARA di sela-sela meninjau pertandingan SEA Games di Jakarta, Jumat, mengatakan, sumbangan medali emas dari atlet Jatim dipastikan masih akan bertambah, karena ada sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan.
"Sampai pelaksanaan hari ketujuh SEA Games, Kamis (17/11), sudah sekitar 24 medali emas, 18 perak dan 17 perunggu yang diraih atlet-atlet dari Jatim dari total 108 emas yang kini dikumpulkan Indonesia. Masih ada potensi emas tambahan, seperti dari cabang panahan, panjat tebing, judo, balap sepeda, dan bola voli indoor maupun voli pantai," ujarnya.
Menurutnya ia, cabang olahraga panjat tebing menjadi salah satu penyumbang medali emas terbanyak, yakni lima dari tujuh emas yang sudah direbut tim Indonesia.
Aan Aviansyah merebut emas dari nomor boulder (jalur pendek) putra, Abudzar Yulianto dan Galar Pandu Asmoro dari (speed atau kecepatan perorangan dan beregu), Hj Wilda Baco (lead atau kesulitan putri), dan Evi Neliwati (kecepatan beregu).
Selain itu, dari panahan menyumbang tiga emas melalui IGNP Praditya Jati (compound putra), Erwina Safitri yang meraih emas nomor recurve perorangan dan beregu.
Kemudian pasangan Hamdani/Yusuf Efendi merebut medali emas cabang pencak silat nomor seni beregu, karateka senior Umar Syarief memberikan dua emas dari nomor kumite, dan Hari Fitrianto serta Elga Kharisma dari balap sepeda.
"Sejauh ini, kami cukup puas dengan pencapaian prestasi para atlet. Sebagian besar dari mereka adalah atlet Puslatda yang disiapkan untuk PON 2012 di Riau," ujar Irmantara.
Dosen Universitas Negeri Surabaya yang akrab disapa Ibag ini, menambahkan, jumlah atlet Jatim yang memperkuat kontingen Merah Putih di SEA Games 2011 sebanyak 165 atlet yang tersebar di berbagai cabang olahraga.
Sebelumnya, Pelaksana Tugas Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan bonus khusus kepada para atlet yang berhasil meraih medali pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara dua tahunan ini.
Namun, ia belum berani memastikan nilai bonus tersebut, tetapi kemungkinan tidak jauh beda dengan bonus medali yang diberikan kepada atlet Jatim di SEA Games 2009.
Pada SEA Games dua tahun lalu di Laos, atlet Jatim yang meraih medali emas mendapatkan bonus uang pembinaan sebesar Rp35 juta dan Rp20 juta bagi peraih perak.
Sedangkan peraih perunggu menerima kucuran bonus Rp15 juta dan atlet yang gagal meraih medali tetap kebagian tali asih sejumlah Rp 2 juta.

No comments:

Post a Comment