08 March 2012

Menang Adu Penalti, APOEL Ukir Sejarah

STROVOLOS – Wakil Cyprus, APOEL Nicosia terus mengukir sejarah sebagai satu-satunya tim Cyprus yang maju ke perempat final Liga Champions. Adalah Dionisis Chiotis, penjaga gawang asal Yunani yang menjadi faktor lolosnya APOEL dengan mengagalkan dua algojo penalti Olimpique Lyon.

Leg kedua ini, APOEL berusaha membalas kekalahan mereka 0-1 di markas Lyon. Mereka langsung bermain menyerang, hingga terciptalah gol cepat yang terjadi saat pertandingan baru berjalan sembilan menit.

Adalah Gustavo Manduca yang mendapatkan umpan manis dari Konstantinos Charalambidis, bola tersebut mampu dikonversi dengan baik oleh Menduca, yang sekaligus membuat pendukung tuan rumah bersorak dan membuat APOEL unggul sementara 1-0 (agregat 1-1).

Setelah gol tercipta, permainan kedua tim cukup terbuka. Bahkan, kedua tim secara gantian melakukan penyerangan tapi semuanya itu terbentur sia-sia, karena baik APOEL maupun Lyon, sama-sama memiliki masalah dalam hal penyelesaian akhir.

Di babak kedua, kedua tim juga mengalami nasib yang sama, selalu gagal dalam melakukan finishing touch. Hingga tambahan tiga menit injury time, kedua tim tak juga menciptakan gol. Terpaksa pertandingan diteruskan ke babak tambahan atau ekstra time.

Pada babak ekstra time, pertandingan didominasi oleh tim asal Cyprus ini. Beberapa serangan mereka bangun lewat sisi sayap. Memasuki menit ke-100 Lyon melakukan serangan balik dan lewat tendangan penjuru, nyaris saja Lyon bisa unggul, jika bola sundulan dari pemain Lyon tak mampu ditangkap dengan baik oleh kiper APOEL. Ekstra time pertama pun, kedua tim belum juga mencetak gol.

Memasuki 15 menit kedua ekstra time, permainan kedua tim mulai menurun, seiring fisik mereka yang juga menurun. Namun menit ke 110, Bastos mendapatkan peluang emas, tapi sayang dia lebih memilih menendang langsung, daripada membagi rekannya yang tengah berdiri bebas. Skor tetap tak berubah. 1-0 untuk keunggulan APOEL (1-1).

Menit ke 114 gantian APOEL yang membuang peluang, ketika Trickovski yang mendapatkan bola sodoran dari tengah hanya bisa melepaskan tendangan keras dan tak terarah yang gagal menemui sasaran. Begitu juga tendangan dari Marcinho yang masih melambung di atas gawang Hugo Lloris. Alhasil, pertandingan harus diselesaikan lewat adu tendangan penalti.

Pada adu tendangan penalti keempat algojo APOEL sukses menjaringkan bola. Sementara dua algojo Lyon gagal.

Di drama adu penalti itu, sepakan Lisandro sempat membentur tiang, tapi bola pantulan justru mengenai kiper Chiotis dan masuk ke gawang. Tendangan dari Lacazette (Lyon) digagalkan Chiotis. Kiper Internasional Yunani itu menjadi bintang pada pertandingan ini, ketika tendangan dari Bastos kembali bisa ditepis olehnya, sehingga APOEL berhak lolos ke babak perempat final Liga Champions setelah menang 1-0 (agregat 5-4) lewat adu penalti.

Susunan Pemain:
APOEL: 22. D. Chiotis, 3. Paulo Jorge, 6. Marcelo Oliveira, 98. William, 7. S., Poursaitidis, 26. Nuno Morais, 10. K. Charalambidis (Marcinho 76’), 31. Helder Sousa (Alexandrou 94’), 9. E. Solari (Trickovski 74’), 21. Gustavo Manduca, 8. Aílton Almeida

LYON: 1. H. Lloris, 3. Cris, 13. A. Reveillere, 20. A. Cissokho, 4. B. Kone, 6. K. Källstrom, 10. Ederson (Gomis 73’), 11. Michel Bastos, 21. M. Gonalons, 19. J. Briand (Lacazette 100’), 9. L. Lopez

Algojo Penalti: APOEL 4-3 LYON
APOEL: Ailton (o), Nuno Morais (o), Alexandrou (o), Trickovski (o)
LYON: Kalstroom (o) Lisandro (o), Gomis (o), Lacazette (x), Bastos (x)

Ket: (o) gol, (x) gagal

No comments:

Post a Comment